Tuesday, November 6, 2012

Sumpah Pemuda 2012


Tahukah anda ??? rekan-rekanku, bahwa pada 28 Oktober 1928, ketika pemuda Indonesia berkumpul dan menyatakan 3 bait sumpah sakti yang sekarang kita kenal dengan “SUMPAH PEMUDA” , nama negara Indonesia belum ada di peta dunia, bahkan bangsa ini masih menggunakan nama Hindia Belanda. Sungguh luar biasa apa yang telah dilakukan oleh pemuda Indonesia saat itu. Dengan gagasan yang brilliant para pemuda bangsa yang mampu meraih cita-cita mereka, dan berhasil menciptakan rasa senasib sepenanggungan dan rasa sebangsa setanah air. Walaupun gagasan tersebut pada eranya hampir bisa dibilang tidak mungkin terjadi. Namun dengan kesungguhan dan rasa optimis, para pemuda Indonesia mampu membuat sejarah baru. Dengan kunci PERSATUAN.
Bayangkan, mereka adalah putra-putri Indonesia yang sebelumnya tidak pernah bersua, bertatap muka, berasal dari hamparan gugusan pulau yang berbeda pula. Namun keadaan tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk bersatu demi tanah air tercinta.
Memang nama Indonesia pertama kali terucap oleh ( James Richardson Logan , peneliti ilmu bumi, beliau mengambil nama dari kata latin Hindus yang artinya india, dan nesioi yang artinya kepulauan )
Namun, mereka yang berhasil mempersatukan kepulauan tersebut menjadi sebuah negara Indonesia adalah putra putri bangsa, sebuah gagasan yang luar biasa hebat.
Kenyataannya saat ini masyarakat Indonesia sudah terbawa dengan arus zaman, dimana Indonesia mengalami pergantian pemimpin yang nihil akan jiwa nasionalisme, dan memiliki kepentingan pribadi mereka masing-masing. Tak peduli dengan apa yang sedang terjadi kepada rakyatnya, ketika rakyatnya menjerit terjepit namun mereka seolah tak mendengar, seolah tak melihat. Apakah mereka yang tepat untuk memimpin tanah pertiwi ini ???
Tak jauh dari kondisi para pemimpinnya, para pemuda Indonesia juga berada diposisi yang sangat jauh dari harapan yang dititipkan oleh generasi 28 Oktober 1928. Kita lebih memilih untuk  membangga-banggakan, membela kelompok-kelompok kecil yang kita miliki, kita sekarang berkotak-kotak dalam ruang lingkup yang kita anggap paling besar padahal kenyataannya sangat kecil. Kita menganggap kita lah paling benar dan mereka yang bukan kelompok kita adalah pengecut. Kita, pemuda Indonesia terlalu mudah untuk diprovokasi dan dipecah, kita terlalu sibuk dengan masalah-masalah yang kecil, sehingga kita lupa bahwa kita dititipkan suatu amanah yang sangat besar oleh pendahulu kita.
Namun, masih ada harapan buat bangsa ini ?
Harapan tersebut adalah: kita!!
Kitalah harapan bangsa, memajukan nama besar bangsa yang telah diwariskan oleh para bapak bangsa kita. Inilah kewajiban kita! Bangsa ini memerlukan gagasan untuk sebuah perubahan.
Bila kita menginginkan perubahan besar, maka kitapun harus memiliki gagasan besar. Dan semua itu bisa kita jalankan dengan memanusiakan diri kita menjadi karakter yang manusiawi. Agar kelak tidak adalagi perpecahan di antara kita, bagaimanapun juga bangsa ini adalah bangsa yang penuh perbedaan, dengan modal pemahaman menjadi manusia yang manusiawi maka segala rintangan akan bisa kita lalui dengan kematang jiwa dan kedewasaan dalam berpolitik.
Ayo kobarkan semangat !
Bangsa ini membutuhkan kita !
Kita !!! AKU DAN KALIAN !!!
Seluruh Putra-Putri Indonesia !!!!
"Bersumpahlah bahwa kita semua menginginkan kebaikan bagi sesama masyarakat Indonesia, dan menggunakan segala upaya untuk memajukan masadepan bangsa ini".
1.        KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOEI BERTOEMPAH DARAH  JANG SATU, TANAH AIR INDONESIA
2.    KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE,BANGSA INDONESIA
3.  KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

( Djakarta 28 0ktober 1928 )

SALAM PERUBAHAN !!!!
(PURNA HABDIANSYAH)


No comments:

Post a Comment